Ruam Kulit pada si Kecil yang Umum, serta bagaimana cara untuk mengatasinya

  • March 21, 2021

Kulit si Kecil berperan sebagai pelindung dari dunia di sekitarnya. Seringkali, lapisan pelindung ini menjadi kering, teriritasi hingga menjadi bercak ruam merah atau gatal. Tetapi menurut para dokter, kulit sensitif umum terjadi pada anak-anak. Faktanya, sebagian besar masalah kulit dapat dicegah atau diatasi dengan mudah menggunakan pelembab atau lotion, tetapi jika tidak berhasil, maka diperlukan penanganan yang lebih tepat.

  1. Eksim

Eksim adalah kondisi dimana kulit tidak mampu menahan kelembaban dan penyebab iritasi, akibatnya kulit menjadi kering, gatal hingga meradang. Eksim bisa merupakan penyakit turunan dari keluarga. Gejala Eksim yaitu kulit akan terlihat kering, merah, seperti bersisik, dan akan sangat gatal. Mungkin kita akan melihat si kecil menggaruk, terkadang sampai bisa mengeluarkan darah. Keadaan ini bisa diperburuk dengan udara yang dingin dan kering atau keringat di udara yang panas. Wewangian, deterjen, dan shampoo serta pakaian dari bahan polyester juga dapat semakin membuat kulit teriritasi.

Cara mengobati Eksim?
Eksim sangat tidak nyaman, dan rasa gatalnya bisa membuat si Kecil terjaga di malam hari. Mungkin pada awalnya terlihat seperti bercak kuning kering, tetapi bisa dengan cepat memburuk saat si Kecil menggaruknya. Menjaga kulit tetap lembab adalah garis pertahanan pertama selain menjaga kuku si Kecil tetap pendek. Mandikan, tepuk-tepuk kulitnya lalu oleskan pelembab secara bebas saat kondisi kulit masih lembab. Pada saat si kecil tidak mandi, tetap gunakan pelembab.

  1. Kulit pecah-pecah

Kulit pecah-pecah menyebabkan iritasi, merah, dan kadang bersisik, bisanya terjadi saat suhu dingin, ketika wajah si Kecil terpapar angin yang dingin. Sering mencuci tangan dapat menyebabkan punggung tangan menjadi kering dan perih. Anak dengan bibir kering seringkali cenderung menjilatnya, tetapi air liurnya dapat memperburuk kondisi kulit di sekitar mulutnya.

Gejala kulit pecah-pecah adalah terlihat merah, bersisik. Meskipun biasanya tidak gatal, kulit mungkin terasa kencang, mengelupas, atau pecah-pecah, dan dalam kasus yang parah bisa berdarah.

Pencegahan mungkin merupakan pendekatan terbaik yang bisa dilakukan. Oleskan sedikit pelembab di pagi hari. Untuk bibir pecah-pecah dan kulit di sekitar mulut, direkomendasikan menggunakan lip balm yang kental, berminyak, bebas pewangi. Dan ingatkan si Kecil untuk melembabkan tangan setelah mencucinya, maka kulit yang kemerahan akan menghilang dalam beberapa hari.

Produk yang sangat bisa kita gunakan untuk mengatasi permasalahan kulit sensitif pada si Kecil adalah produk perawatan kulit dari Ms Glow Kid yang memang diperuntukkan sebagai perawatan kulit si Kecil. Untuk tambahan informasi, produk yang dikeluarkan MS Glow Kids sudah hypoallergenic, dermatology tested serta jaminan kandungan formula yang sangat aman untuk si Kecil.

Ms Glow Kid yang mana merupakan brand asli Indonesia, mempercayai bahwa betapa hangatnya momen ibunda saat bersama dengan si Kecil, dengan bahan pilihan yang tentunya lembut dan aman, selalu memberi tambahan perlindungan pada bunda dan si Kecil.

Untuk mendapatkan produk dari Ms Glow Kid, bisa melalui website resminya di www.mskids.co.id atau melalui instagram resmi di @msglowkids.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*